Prosiding Konfererensi Nasional Bahasa Arab
No 6 (2020): Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab VI

PENGGUNAAN CHANNEL TELEGRAM DAN GROUP WHATSAPP DALAM PEMBELAJARAN TATA BAHASA ARAB

Mujahidah Fharieza Rufaidah (Unknown)
Hanady Martha Laura (Unknown)
Faisal Hendra (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2020

Abstract

Abstrak: Menurut hasil riset Wearesocial HootSuite yang dirilis Januari 2019, memetakan bahwa hampir 150 juta penduduk (56%) dari total populasi di Indonesia menggunakan media sosial. Oleh karena itu, dalam proses interaksi ini, media sosial menjadi salah satu alat yang strategis untuk mengoptimalkan pembelajaran yang dilaksanakan termasuk pembelajaran tata bahasa Arab. Penelitian ini fokus terhadap penggunaan grup dan pada media sosial (WhatsApp dan Telegram) sebagai alat bantu yang digunakan dalam pembelajaran. Objek penelitian ini adalah penggunaan dua media sosial yang saat ini banyak digunakan oleh para pembelajar bahasa Arab, baik yang dibuat atas nama individu ataupun oleh lembaga pendidikan, dalam pembelajaran tata bahasa Arab. Data yang diperoleh dianalisa secara naratif kualitatif untuk melihat sejauh mana penggunaan channel Telegram dan grup Whatsapp tersebut digunakan dalam pembelajaran. Dari hasil penelitian ini ditemukan data bahwa dua media sosial ini (WhatsApp dan Telegram) sangat banyak digunakan oleh masyarakat dalam pembelajaran tata bahasa Arab dalam membantu mereka mempelajari tata bahasa Arab yang diajarkan.Kata Kunci : Penggunaan, Channel, Pembelajaran, Tata Bahasa, Bahasa Arab

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

konasbara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Konferensi Nasional Bahasa Arab tahunan JURUSAN SASTRA ARAB FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS NEGERI MALANG Tema : Kreativitas dan Inovasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia Sub Tema : Strategi Pembelajaran Bahasa Arab MetodePembelajaran Bahasa Arab Media Pembelajaran Bahasa Arab Kurikulum ...