Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Vol 5 No 1 (2021): TRANSFORMASI : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

KECEMASAN SISWA TERHADAP MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19 DITINJAU DARI TINGKATAN SEKOLAH DAN GENDER

Luthfiyah (Unknown)
Hadi, Windia (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 May 2021

Abstract

Kecemasan matematika merupakan kondisi mental siswa dalam kegiatan proses belajar matematika. Studi ini menganalisis kecemasan siswa terhadap matematika dalam pembelajaran online di masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan 15 pernyataan kuesioner. Sampel penelitian adalah 323 siswa terdiri dari 153 siswa SMP dan 170 siswa SMA yang merupakan perwakilan siswa di Indonesia. Analisis data yang digunakan adalah menggunakan Winsteps. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa kecemasan siswa belajar matematika dalam pembelajaran online terbagi menjadi kecemasan tinggi, kecemasan sedang, dan kecemasan rendah. Siswa SMP memiliki tingkat kecemasan belajar tinggi sebesar 3,92% dan Siswa SMA memiliki tingkat kecemasan belajar tinggi sebesar 1,17%. Hal ini menunjukkan bahwa kecemasan belajar matematika lebih banyak dialami oleh siswa SMP daripada siswa SMA, khususnya pada Kelas 7 dan 8. Sedangkan berdasarkan gender, siswa Laki-laki memiliki kecemasan tinggi sebesar 4%, dan siswa perempuan 1,8%. Siswa yang memiliki kecemasan tinggi lebih cenderung tidak menyukai matematika dan menganggap matematika pelajaran yang sulit.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

transformasi

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Focus and Scope Jurnal Transformasi adalah Pendidikan Matematika meliputi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dan Penelitian Pengembangan (R&D). Disamping itu untuk Matematika Murni/Terapan meliputi Pemodelan Matematika, Statistika, dan Geometri. ...