Penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika yaitu Modul terintegrasi nilai-nilai Islam berbasis pendekatan saintifik pada materi Himpunan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Modul terintegrasi nilai-nilai Islam berbasis pendekatan saintifik pada materi Himpunan yang valid.Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) . Model pengembangan modul yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis pendekatan saintifik terintegrasi nilai-nilai Islam pada materi Himpunan. Metode penelitian yang digunakan adalah development research dengan Model Plomp terdiri dari 5 tahap yang terdiri dari tahapan pengkajian awal (preliminary investigation), perancangan (design), realisasi/kontruksi (realization/construction), tes, evaluasi, revisi (test, evaluation, and revision), dan implementasi (implementation). Kualitas kevalidan modul memenuhi kriteria sangat valid berdasarkan penilaian oleh empat orang validator, yaitu ahli materi, ahli media, ahli bahasa, dan ahli integrasi Islam. Dari rata-rata hasil validasi dari empat validator tersebut memperoleh hasil rata-rata 84% berarti memenuhi kriteria sangat valid. Namun pada penelitian ini, peneliti hanya mengimplementasikan secara terbatas yaitu modul sampai kelayakan valid saja pada dikarenakan keterbatasan waktu dan virus yang mewabah pada saat ini. Maka peneliti mengharapkan adanya penelitian selanjutnya yaitu efektifitas dan praktis supaya peserta didik termotivasi untuk belajar matematika.
Copyrights © 2020