Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 3, No 2 (2020)

Pengembangan Bahan Ajar Matematika (Komik) Yang Terintegrasi Ajaran Islam

Wahyuni Puji Lestari (Institut agama Islam negeri Bengkulu)
Fatrima Santri Syafri (IAIN Bengkulu)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana pengembangan Bahan Ajar Matematika (Komik)  Terintegrasi Ajaran Islam. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plomp yang terdiri dari 3 tahap yaitu: Investigasi awal, Pembuatan Prototipe dan penilaian produk. Uji pengembangan dilakukan kepada kelompok kecil yang terdiri dari 5 orang peserta didik dan 1 orang guru Mata Pelajaran Matematika. Hasil dari penelitian ini diperoleh data hasil validasi ahli bahasa diperoleh skor 84,61% dengan kategori sangat valid, validasi ahli agama diperoleh skor 85,71% dengan kriteria sangat valid, validasi ahli media diperoleh skor 93,18% dengan kriteria sangat valid dan validasi ahli materi diperoleh skor 81,66% dengan kriteria sangat valid selanjutnya bahan ajar diperbaiki sesuai dengan saran dari validator. Uji coba produk dengan melakukan uji praktikalitas oleh guru diperoleh skor 84,61% dengan kategori sangat praktis dan uji praktikalitas kepada kelompok kecil diperoleh hasil 85,38% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa bahan ajar yang sudah dikembangkan layak praktis untuk digunakan pada proses pembelajaran.Kata Kunci: Bahan Ajar Komik, Integrasi Islam

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

equation

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Equation Journal is an open-access journal published by State Islamic University of Bengkulu (IAIN Bengkulu) twice in a year (March and September). This journal publishes original articles from literature studies or research results in the field of mathematics ...