Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia
Vol 3, No 1 (2020): April

Tri Hita Karana Dalam Team Games Tournament Meningkatkan Hasil Belajar IPA

Arisanti, Dewa Ayu Kade (Unknown)
Widiana, I Wayan (Unknown)
Simamora, Alexander Hamonangan (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2020

Abstract

Siswa cenderung tidak aktif dalam pembelajaran dan hanya mendengarkan penjelasan dari guru saja sehingga pembelajaran terkesan pada teacher center sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament berbasis Tri Hita Karana terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen jenis non-equivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian berjumlah 173 orang. Teknik random sampling digunakan untuk mengambil sampel berjumlah 54 siswa. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu tes. Instrument yang digunakan adalah instrument tes objektif. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh thitung= 6,2439, sehingga thitung > ttabel maka H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament berbasis Tri Hita Karana dan kelas yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Model pembelajaran Team Games Tournament berbasis Tri Hita Karana berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV. Sehingga model pembelajaran Team Games Tournament berbasis Tri Hita Karana layak diterapkan untuk mengatasi hasil belajar IPA yang rendah.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPMu

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia is a peer-reviewed open-access journal for scholars, practitioners, and students of multicultural education. Committed to promoting educational equity for diverse students, cross-cultural understanding, and global justice for marginalized people in all ...