Holistika : Jurnal Ilmiah PGSD
Vol 4, No 2 (2020)

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL CONTROVERSIAL ISSUE

Susanto, Ahmad (Unknown)
Qurrotaini, Lativa (Unknown)
Mulyandini, Noorliana (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2020

Abstract

ABSTRAKSiswa kelas IV SDN Waru 01 masih rendah kemampuannya dalam berpikir kritis. Rendahnya kemampuan berpikir kritis pada anak didik bisa diperoleh dari hasil pengamatan saat proses belajar mengajar. Banyak siswa yang belum mampu untuk mengemukakan pendapat saat ditanyakan pandangan mereka terhadap topik pembelajaran yang sedang dipelajari. Tujuannya yaitu untuk membuat kemampuan dalam berpikir kritis siswa menjadi meningkat memakai model controversial issues. Hasilnya menunjukkan adanya peningkatan berpikir kritis siswa hingga mencapai target yang telah ditentukan yaitu 85% dengan melakukan beberapa kali tindakan di kelas menggunakan model controversial issues.Kata kunci: Kemampuan berpikir kritis siswa, Controversial issues

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

holistika

Publisher

Subject

Education

Description

Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta adalah jurnal nasional berbasis penelitian ilmiah, secara rutin diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas ...