Integral : Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol. 3 No. 2 (2021): Mei 2021

Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendektan Induktif Terhadap Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika

Muaffi, Hono Prasetio (Unknown)
Isnani (Unknown)
Ponoharjo (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan induktif mencapai target, 2) Keaktifan belajar matematika peserta didik yang diajar model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan induktif lebih baik daripada model pembelajaran konvensional dan begitu juga prestasi belajar matematika, 3) Ada perbedaan keaktifan dan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan induktif dengan model pembelajaran konvensional, 4) Keaktifan dan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan induktif lebih baik daripada model pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik Kelas VII semester II SMP Negeri 2 Adiwerna Kabupaten Tegal 2016/2017 yang terdiri atas 328 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling yang terdiri atas 142 peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi dan tes. Instrumen pengamatan dalam bentuk lembar pengamatandantes prestasi dalam bentuk soal pilihan ganda yang telah diuji validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran. Analisis data yang digunakan adalah uji proporsi satu pihak kanan, uji t satu pihak kanan, Analisis varian multivariate satu arah, dan dilanjutkan uji t -Hotelling. Hasil penelitian ini diperoleh: 1) Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan induktif mencapai target, 2) Keaktifan belajar matematika peserta didik yang diajar model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan induktif lebih baik daripada model pembelajaran konvensional dan begitu juga prestasi belajar matematika, 3) Ada perbedaan keaktifan dan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar model pembelajaranProblem Based Learning dengan pendekatan induktif dengan model pembelajaran konvensional, 4) Keaktifan dan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan induktif lebih baik daripada model konvensional

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jppm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Integral (Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika) is a periodical journal conducted by a team of mathematic education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Pancasakti Tegal. Integral consisting of several writings about the results of research and book review. Integral ...