KARST : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya
Vol 3 No 2 (2020): Karst: Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya

HUBUNGAN PENALARAN FORMAL DENGAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTsN MODEL MAKASSAR

Muh Syihab Ikbal (UIN Alauddin Makassar)
Muchlisah . (Unknown)
Mukti Ali (Unknown)
Endang Setianingsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yang bertujuan untuk mengetahui gambaran penalaran formal dan pemahaman konsep fisika peserta didik serta hubungan antara keduanya. Desain penelitian yang digunakan adalah korelasi tunggal. Populasi penelitian berjumlah 400 orang. Sampel berjumlah 210 orang yang dipilih dengan teknik purporsionate random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penalaran formal peserta didik berada pada level sedang dan pemahaman konsep fisika peserta didik berada pada level sedang. Kedua variabel memiliki kekuatan hubungan yang berlevel sedang, dengan nilai koefisien korelasi r = 0,441. Hasil pengujian signifikansi menunjukkan bahwa nilai thitung>ttabel, yaitu 7,086>1,971, sehingga disimpulkan bahwa penalaran formal memiliki hubungan yang signifikan dengan pemahaman konsep peserta didik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

karts

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Materials Science & Nanotechnology Physics Other

Description

Jurnal Karst merupakan media komunikasi bagi para Peneliti, Dosen, Guru, Praktisi dan Mahasiswa untuk menyampaikan hasil kajian dan diutamakan hasil penelitian pada bidang Pendidikan Fisika, Ilmu Fisika dan Fisika Terapan. Jurnal Karst diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP ...