J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 2, No 2 (2020): J-PiMat

Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Model Pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE)

Ayu Muharomah (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Farida Farida (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan ,Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Rizki Wahyu Yunian Putra (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan ,Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan pemahaman konsep matematis melalui model pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE). Metode yang digunakan yaitu Quasi Exsperimen Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kalianda, dengan sampel sebanyak dua kelas. Penelitian ini menggunkan Teknik statistika melalui Independen-Sampel t Test. Hasil dari penelitian ini bahwa model pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) lebih baik dari model pembelajaran konvensional. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu terdapat peningkatan pemahaman konsep matematis melalui model pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) dengan peningkatann hasil rata-rata pretest dan posttest yaitu 0,602. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpimat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of Mathematics Education (J-PiMat) (e-ISSN: 2684-7981) is a scientific journal that publishes scientific articles from research, literature studies, ideas, theoretical applications, critical analysis studies, and class action studies in the science of Mathematics Education. J-PiMat publishes ...