Refleksi Pembelajaran Inovatif
Vol 3, No 1 (2021): Volume 3 Nomor 1 Tahun 2021

Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Integrasi Metode Daring Sinkron dan Asinkron pada Mata Kuliah Teknik Reaksi Kimia 2

Fadilla Noor Rahma (Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia)
Lucky Wahyu Nuzulia Setyaningsih (Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan pembelajaran mata kuliah Teknik Reaksi Kimia 2 di lingkungan PSTK FTI UII. Terdapat dua poin inovasi yang diteliti. Poin pertama adalah pembelajaran berbasis proyek yang bertujuan untuk meningkatkan metode penyampaian materi yang selama ini cenderung bersifat searah dan kurang melibatkan mahasiswa. Indikator keberhasilan dari poin pertama tersebut adalah tingkat kepuasan mahasiswa serta tingkat ketercapaian atau pemenuhan CPMK. Sedangkan poin inovasi kedua terfokus pada pengembangan metode pembelajaran daring yang efisien secara waktu, mendorong mahasiswa untuk belajar secara mandiri, sekaligus memfasilitasi komunikasi dua arah untuk diskusi dan pemberian umpan balik. Untuk dapat mencapai hal-hal tersebut, pembelajaran akan dilakukan dengan integrasi metode daring sinkron dan asinkron. Kedua metode tersebut bersifat mendukung pengerjaan tugas proyek yang merupakan inti pembelajaran di mata kuliah Teknik Reaksi Kimia 2. Keberhasilan kinerja dari poin inovasi kedua diindikasikan dengan tingkat kepuasan mahasiswa. Dari hasil penelitian, diperoleh tingkat ketercapaian CPMK sebesar 89%, tingkat kepuasan mahasiswa terhadap tugas proyek sebesar 89,3%, dan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap integrasi metode daring sinkron dan asinkron sebesar 86,9%. Berdasarkan hasil yang telah dicapai, metode pembelajaran ini dapat diterapkan di masa yang akan datang, namun perlu perbaikan dalam hal peningkatan keaktifan mahasiswa dalam tugas kelompok maupun dalam kelas.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

RPI

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Refleksi Pembelajaran Inovatif (RPI) adalah jurnal yang ditebitkan oleh Direktorat Pengembangan Akademik (DPA), Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, yang terbit dua kali dalam setahun. RPI menerima dan mempublikasikan artikel ilmiah, baik berbahasa Indonesia maupun berbahasa Inggris, yang ...