Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis puisi melalui penerapan metode mind mapping dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bosowa Kota Makassar sebanyak 20 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes keterampilan menulis puisi dan dokumentasi. Kriteria keberhasilan tindakan dalam penelitian ini adalah terjadinya peningkatan nilai rata-rata keterampilan menulis puisi pada Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bosowa Kota Makassar dan mencapai ketuntasan ≥ 80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode mind mapping dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bosowa Kota Makassar. Hal tersebut berdasarkan adanya peningkatan nilai rata-rata keterampilan menulis puisi dari 70,95 pada siklus I menjadi 81,43 pada siklus II dan peningkatan ketuntasan keterampilan menulis puisi siswa dari 76,19% pada siklus I menjadi 95,24% pada siklus II.
Copyrights © 2020