Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran praktikum sederhana. Alat praktikum yang digunakan àpada proses pembelajaran dibuat sendiri oleh peneliti menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan di lingkungan sekitar dan bersifat lebih ekonomis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif true experimental design. Teknik pengambilan sampel dengan àsimple random sampling diperoleh 30 sampel yang terbagi menjadi kelas eksperimen danà kelas kontrol dengan cara pengundian lot nama siswa. Pengambilan data minat belajar siswa menggunakan angket tertutup (angket minat) àskala likert. Teknik analisis data menggunakan analisis inferensial. Analisis statistik inferensial menggunakan àuji asumsi dan uji hipotesis. Uji asumsi digunakan uji normalitas dan homogenitas. Hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan nilai thitung= 3,669 . Nilai thitung dikonsultasikan dengan harga ttabel pada taraf signifikan 5% dan dk= 28 yaitu sebesar 1,701. Nilai ttabel < thitung hal ini menunjukkan bahwa uji hipotesis menerima Ha yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan metode praktikum sederhana pada materi kepolaran senyawa terhadap minat belajar siswa kelas X SMA.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021