Chemistry Education Practice
Vol. 4 No. 1 (2021): Edisi Mei

Pengaruh Metode Praktikum Sederhana pada Materi Kepolaran Senyawa Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X SMA

Zelisa Nudia Fitri (Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram)
Yunita Arian Sani Anwar (Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram)
Agus Abhi Purwoko (Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
30 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran praktikum sederhana. Alat praktikum yang digunakan  pada proses pembelajaran dibuat sendiri oleh peneliti menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan di lingkungan sekitar dan bersifat lebih ekonomis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif true experimental design. Teknik pengambilan sampel dengan  simple random sampling diperoleh 30 sampel yang terbagi menjadi kelas eksperimen dan  kelas kontrol dengan cara pengundian lot nama siswa. Pengambilan data minat belajar siswa menggunakan angket tertutup (angket minat)  skala likert. Teknik analisis data menggunakan analisis inferensial. Analisis statistik inferensial menggunakan  uji asumsi dan uji hipotesis. Uji asumsi digunakan uji normalitas dan homogenitas. Hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan nilai thitung= 3,669 . Nilai thitung dikonsultasikan dengan harga ttabel pada taraf signifikan 5% dan dk= 28 yaitu sebesar 1,701. Nilai ttabel < thitung hal ini menunjukkan bahwa uji hipotesis menerima Ha yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan metode praktikum sederhana pada materi kepolaran senyawa terhadap minat belajar siswa kelas X SMA.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

CEP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Chemistry Education Practice (ISSN Cetak 2654-8119 dan ISSN Online 2656-3940) adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Program Pendidikan Kimia, Fakultas Pendidikan Guru Pelatihan dan Pendidikan, Universitas Mataram. Jurnal ini merupakan jurnal open access. Jurnal Chemistry Education ...