Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui membaca permulaan siswa kelas 1 sekolah dasar dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning berbantuan kartu kata, persamaan dan perbedaan membaca permulaan menggunakan model Contextual Teaching and Learning berbantuan kartu kata. Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya keterampilan membaca permulaan siswa sekolah dasar di kelas rendah. Banyak faktor yang menyebabkan rendahnya keterampilan siswa dalam membaca permulaan, diantaranya model dan media pembelajaran yang kurang efektif yang digunakan guru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan data sekunder atau studi literatur yang bersifat kepustakaan (library research). Data sekunder atau studi literatur berdasarkan satu skripsi dan empat jurnal yang dianalisis untuk mengetahui konsep, persamaan dan perbedaan. Dari hasil analisis, dapat disimpulkan: (1) Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan media kartu kata dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas 1 sekolah dasar; 2) Terdapat perbedaan dan persamaan membaca permulaan dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning yaitu persamaannya setiap penelitian menyimpulkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan media kartu kata dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas 1 sekolah dasar. Sedangkan perbedaannya adalah tujuan penelitian, jumlah sampel subjek yang diteliti
Copyrights © 2021