Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 6 No. 2 (2020): December

PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MAHASISWA PADA MATA KULIAH MANAGEMEN PEMASARAN MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIPE JIGSAW

Endah Yuliani (Unipa Surabaya)
Ratna Nurdiana (Unipa Surabaya)
Dwi Novaria Misidawati (IAIN Pekalongan)
Siti Aniqoh Shofwani (STIE Semarang)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya komunikasi menyampaikan gagasan/ide mahasiswa dalam proses pembelajaran di kelas pada mata kuliah Managemen Pemasaran. Tujuan penelitian ini untuk meningkatakan kemampuan komunikasi mahasiswa pada mata kuliah Managemen Pemasaran menggunakan metode Kooperatif tipe Jigsaw pada mahasiswa kelas IIA Prodi Managemen STIE Semarang Tahun Akademik 2019/2020. Subjek penelitian ini mahasiswa kelas IIA semester 4 Prodi Managemen dengan jumlah mahasiswa 40 orang terdiri dari 32 perempuan dan 8 laki-laki. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merujuk pada desain pola PTK menurut Kemmis & Taggart yang terdiri dari 3 siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunaan observasi, tes, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan kemampuan komunikasi yang signifikan setelah dilakukan tindakan sebanyak tiga siklus. Disamping itu, metode kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Managemen Pemasaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan kemampuan komunikasi menyampaikan gagasan/ide dan hasil belajar mata kuliah Managemen Pemasaran pada mahasiswa kelas IIA Prodi Managemen STIE Semarang Tahun Akademik 2019/2020.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...