Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 7 No. 3 (2021): July-September

Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa PGSD Melalui Model Read-Answer-Discuss-Explain-and Create (RADEC) Berorientasi Masalah

Ai Hayati Rahayu (STKIP Sebelas April Sumedang)
Wahyu Sopandi (Universitas Pendidikan Indonesia)
Poppy Anggraeni (STKIP Sebelas April Sumedang)
Tursinawati Tursinawati (Universitas Syahkuala)
Septinaningrum Septinaningrum (IAIN Tulungagung)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran secara komprehensif kemampuan berpikir kritis mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) setelah memperoleh pembelajaran dengan model Read-Answer-Discuss-and Create (RADEC) berbasis masalah. Metode yang digunakan mix method yaitu mendeskrifsikan secara kualitatif proses pembelajaran RADEC, serta menguji signifikansi perbedaan skor nilai sebelum dan setelah pembelajaran. Desain penelitian menggunakan pretes dan postes one grup desain.Instrumen yang digunakan mengembangkan indicator dari Ennes. Hasilnya menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis mahasiswa sebelum dan sesudah pembelajaran, serta model RADEC berorientasi masalah berpengaruh menumbuhkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...