Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang harus dimiliki mahasiswa di abad 21 ini. Sebab kemampuan berpikir kritis memungkinkan mahasiswa untuk menyelesaikan masalah yang rumit dan kompleks di dalam kehidupan sehari – hari.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pendidikan biologi Universitas Cokroaminoto Palopo. Penelitian ini dilaksanakan pada perkuliahan semester genap mulai Maret - Juni 2020 dan dilaksanakan pada mahasiswa semester 6 prodi pendidikan biologi yang memprogram mata kuliah mikrobiologi di Universitas Cokroaminoto Palopo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode deskriptif digunakan untuk mendapatkan data tentang kemampuan berpikir kritis mahasiswa dan selanjutnya dibuat interpretasi mengenai yang telah diambil. Populasi dari penelitian ini seluruh mahasiswa pendidikan biologi semester VI yang memprogram mata kuliah mikrobiologi di Universitas Cokroaminoto Palopo. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Total sampel diambil dari 2 kelas mahasiswa pendidikan biologi semester 6 dengan jumlah total 62 orang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa tes kemampuan berpikir kritis yang diambil menggunakan soal pelajaran pada mata kuliah mikrobiologi. Data dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan data hasil pengisian soal berpikir kritis mahasiswa didapatkan data bahwa mahasiswa memiliki kemampuan berpikir kritis pada kategori dominan baik dengan presentasi 50 %, dan juga kategori tertinggi selanjutnya yaitu berada pada kategori amat baik dengan resentasi 34 %. Namun walaupun demikian terdapat 16 % mahasiswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis yang kurang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020