Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen soal three tier yang valid, reliabel, praktis serta efektif pada kelas XI SMA. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 9 Luwu Utara. Penelitian ini menggunakan model Hannafie & Peck yang terdiri atas 3 fase yaitu (1) analisis kebutuhan, (2) perancangan, (3) pengembangan dan implementasi. Hasil penelitian bahwa alat evaluasi berupa soal three tier pada materi sistem reproduksi siswa kelas XI SMA Negeri 9 Luwu Utara telah dinyatakan; (1) valid dengan nilai 87% dari instrumen soal three tier dan 83 % untuk soal three tier, (3) praktis dengan nilai dari respon guru 96% dan 92 % dari respon siswa dan observasi keterlaksanaan pembelajaran dengan nilai 88% kategori sangat praktis, (4) efektif dengan nilai siswa yang tuntas mencapai 93 % dengan kategori sangat efektif. Kategori ini menjukan bahwa instrumen soal three tier yang dikembangkan telah valid, praktis dan efektif.
Copyrights © 2020