RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 7, No 1 (2021)

Analisis Empiris: Solusi Perkuliahan Di Era Normal Baru

M. Ardiansyah (Universitas Indraprasta PGRI)
Mohamad Lutfi Nugraha (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2021

Abstract

Wabah pandemi corona virus disease 19 menyebabkan universitas tutup sementara untuk dapat menghindari penularan penyebarannya virus corona. Hal tersebut membuat berbagai aktivitas harus dirubah menjadi pembelajaran daring termasuk di perguruan tinggi. Penelitian ini membahas tentang semua aktivitas menuju normal baru dalam menyelenggarakan perkuliahan daring terkait penggunaan enam strategi yang diterapkan oleh dosen di Universitas Indraprasta PGRI Jakarta. Dalam kurun waktu normal baru, penelitian ini mengungkap enam strategi penyelenggaraan perkuliahan daring yaitu; a) strategi kontekstualisasi, b) strategi penyampaian yang tepat, c) strategi adaptasi yang tinggi dalam menggunakan teknologi, d) strategi dukungan yang memadai, e) strategi partisipasi yang berkualitas, f) strategi proses yang berkelanjutan. Adapun hasil yang diperoleh (1) Dosen memiliki rencana pembelajaran yang berani. (2) Menyediakan alat audio terbaik di perangkat pengajaran daring. (3) Mengorganisir kelas kecil dengan membagi giliran kelas sebanyak 12-15 mahasiswa dalam satu sesi jadwal pengajaran. (4) Memerintahkan mahasiswa untuk menggali berbagai sumber belajar dari luar kelas (5) Menggabungkan antara pengajaran daring dan pembelajaran tatap muka dengan menginstruksikan mahasiswa untuk menghadiri kelas jarak jauh. (6) Menuntut mahasiswa menyelesaikan tugas yang diberikan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...