Wabah pandemi corona virus disease 19 menyebabkan universitas tutup sementara untuk dapat menghindari penularan penyebarannya virus corona. Hal tersebut membuat berbagai aktivitas harus dirubah menjadi pembelajaran daring termasuk di perguruan tinggi. Penelitian ini membahas tentang semua aktivitas menuju normal baru dalam menyelenggarakan perkuliahan daring terkait penggunaan enam strategi yang diterapkan oleh dosen di Universitas Indraprasta PGRI Jakarta. Dalam kurun waktu normal baru, penelitian ini mengungkap enam strategi penyelenggaraan perkuliahan daring yaitu; a) strategi kontekstualisasi, b) strategi penyampaian yang tepat, c) strategi adaptasi yang tinggi dalam menggunakan teknologi, d) strategi dukungan yang memadai, e) strategi partisipasi yang berkualitas, f) strategi proses yang berkelanjutan. Adapun hasil yang diperoleh (1) Dosen memiliki rencana pembelajaran yang berani. (2) Menyediakan alat audio terbaik di perangkat pengajaran daring. (3) Mengorganisir kelas kecil dengan membagi giliran kelas sebanyak 12-15 mahasiswa dalam satu sesi jadwal pengajaran. (4) Memerintahkan mahasiswa untuk menggali berbagai sumber belajar dari luar kelas (5) Menggabungkan antara pengajaran daring dan pembelajaran tatap muka dengan menginstruksikan mahasiswa untuk menghadiri kelas jarak jauh. (6) Menuntut mahasiswa menyelesaikan tugas yang diberikan.
Copyrights © 2021