RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
2020: SPECIAL EDITION

PERBANDINGAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CI DAN CLS

Rendika Vhalery (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta)
Ani Interdiana Candra Sari ((Sinta Id: 6178910) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta)
Ayi Ahmad Maulana Yusup (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2020

Abstract

Tidak hanya kemampuan akademik yang menjadi faktor keberhasilan tujuan pembelajaran. Ada faktor lain yang dapat menjadi tolak ukur keberhasilan yaitu keterampilan. Ada banyak jenis keterampilan yang perlu dikembangkan ketika proses pembelajaran berlangsung. Salah satunya adalah keterampilan sosial. Keterampilan sosial dapat dimanfaatkan didalam semua keadaan. Namun, tidak banyak dosen yang memperhatikan keterampilan sosial mahasiswa sehingga keterampilan sosial mereka menjadi tidak muncul ataupun berkembang. Kesalahan ini dapat diperbaiki melalui model pembelajaran kooperatif tipe CI dan CLS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe CI terhadap keterampilan sosial mahasiswa, pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe CLS terhadap keterampilan sosial mahasiswa, danĀ  perbandingan keterampilan sosial melalui model pembelajaran kooperatif tipe CI dan CLS. Penelitian ini bersifat eksperimen dan komparatif. Populasi pada penelitian eksperimen ini adalah mahasiswa Universitas Indraprasta yang terdiri dari 2 kelas. Kelas pertama berjumlah 37 orang dan kelas kedua berjumlah 35 orang. Hasil menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe CI terhadap keterampilan sosial mahasiswa, ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe CLS terhadap keterampilan sosial mahasiswa, danĀ  tidak ada perbandingan keterampilan sosial melalui model pembelajaran kooperatif tipe CI dan CLS.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...