Jurnal Riset Entrepreneurship
Vol 4 No 1 (2021): (Edisi Pebruari) Volume 4, Nomor 1, Tahun 2021

ANALISIS MUTU PELAYANAN PENDIDIKAN DENGAN MODEL SERVICE QUALITY

Deviana Deviana (Universitas Muhammadiyah Gresik)
Suyoto Suyoto (Universitas Muhammadiyah Gresik)
Mahjudin Mahjudin (Universitas Muhammadiyah Gresik)
Fery Adhy Permana (Universitas Muhammadiyah Gresik)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2021

Abstract

Kualitas layanan pendidikan perlu diperhatikan guna mengetahui seberapa besar kepuasan mahasiswa sebagai pengguna layanan pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis mutu layanan Program Studi Magister Manajemen Universitas Muhammadiyah Gresik dengan menggunakan metode Service Quality (tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksploratif dimana yang menjadi populasi dan sampel yakni 55 mahasiswa aktif Program Studi Magister Manajemen dari angkatan 2016 hingga 2019. Teknik analisis data yang digunakan adalah Service Quality dengan menentukan nilai gap antara persepsi dan kinerja, membuat rangking dari nilai gap tertinggi hingga terendah, dan diagram kartesius. Hasil penelitian menyatakan bahwa dari 5 dimensi service quality, terdapat 2 dimensi memiliki gap tertinggi yakni tangible dan responsiveness dikarenakan ketidaksesuaian mahasiswa Program Studi Magister Manajemen Universitas Muhammadiyah Gresik dalam mendapatkan pelayanan yang layak.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jre

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Riset Entrepreneurship memuat bidang penelitian : kewirausahaan, manajemen UMKM, BUMDesa, manajemen SDM, manajemen strategi, manejemen keuangan perusahaan, manajemen pemasaran. . Penerbitan jurnal dalam 2 kali dalam satu periode: Pebruari dan ...