Penelitian ini dilatarbelakangi oleh TK Aisyiyah Korpri Kubu Raya belum pernah menerapkan metode al-barqy dalam mengenalkan huruf-huruf hijaiyah. Terdapat 5 anak yang tidak mampu memberikan informasi atau keterangan tentang huruf-huruf hijaiyah.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan : (1) Perencanaan peningkatan kemampuan anak usia 5-6 tahun pengenalan huruf-huruf hijaiyah melalui metode al-barqy di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Korpri Kubu Raya.(2) Pelaksanaan peningkatan kemampuan anak usia 5-6 tahun pengenalan huruf-huruf hijaiyah melalui metode al-barqy di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Kopri Kubu Raya.(3) Hasil belajar anak melalui peningkatan kemampuan anak usia 5-6 tahun pengenalan huruf-huruf hijaiyah melalui metode al-barqy di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Korpri Kubu Raya. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas( PTK) metode yang digunakan deskriptif, teknik alat pengumpulan data menggunakan teknik observasi langsung, teknik komuniksi langsung dan teknik dokumentasi. Pengumpulan data menggunakan pedoman observasi dan pedoman wawancara. Berdasarkan penelitian ini yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat : 1) peningkatan huruf hijaiyah melalui metode al-barqy dan telah dilaksanakan dengan baik, 2) upaya guru dalam meningkatkan huruf hijiayah melalui metode al-barqy dilaksanakan sangat baik dengan mempersiapkan RPPH dan media pembelajaran, 3) terjadi peningkatan huruf hijaiyah anak melalui metode al-barqy, seperti ب ل م س ,ن و ت ك, ي ك ه م , ج ر د ا,  yang diberikan oleh guru saat metode al-barqy berlangsung. Hasil penelitian dapat dilihat dari meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah pada setiap siklusnya, terlihat pada siklus I (BB : 11,41%), (MB : 7%), (BSH : 6,08%) dan (BSB : 2,83%), siklus II megalami peningkatkan pada (MB : 10,91%), (BSH : 6,25%) dan (BSB : 9,16%) siklus ini merupakan siklus terakhir kerena hasil sudah mencapai target yang diharapkan peneliti 9,16%.Kata kunci :huruf-hurufhijaiayah, metode al-barqy.
Copyrights © 2021