Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran keterampilan berbicara yang dilaksanakan guru di kelas hanya satu arah di PAUD Kasih Bunda. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh keterampilan berbicara anak usia 5-6 tahun melalui media panggung boneka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. PTK dilaksanakan dengan tiga siklus yang berhubungan satu sama lain, siklus I dan siklus selanjutnya merupakan perbaikan siklus sebelumnya. Alat pengumpul data menggunakan observasi, wawancara, video dan dokumentasi. Sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan member check dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan pada pembelajaran peningkatan keterampilan berbicara dengan menggunakan media panggung boneka. Peningkatan keterampilan berbicara dapat dilihat pada tiap siklusnya hal ini dapat dilihat pada Siklus I Peningkatan keterampilan berbicara pada anak sebesar 18,5%, pada siklus II mencapai 33,3% dan pada siklus III meningkat hingga 77,7%. Hasil menunjukkan bahwa media panggung boneka dapat digunakan untuk melatih keterampilan anak berbicara dengan pengkondisian anak yang dibagi kedalam kelompok yang lebih kecil.Kata kunci : Keterampilan Berbicara, Media Panggung Boneka
Copyrights © 2021