Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika, dan sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran  Pair Check.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain nonequivalent pretest-posttest control group. Instrumen yang digunakan adalah soal tes uraian dan instrumen non tes berupa skala sikap. Data yang diperoleh dari hasil penelitian ini diolah menggunakan bantuan program software SPSS versi 24 dengan criteria uji normalitas, uji homogenitas, dan uji perbedaan dua rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Pair Check  lebih baik dari pada peningkatan kemampuan  pemahaman konsep matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran biasa. Selain itu hasil skala sikap menunjukkan bahwa pada umumnya siswa bersikap positif terhadap model pembelajaran PairCheck.Kata Kunci : Pemahaman Konsep Matematika, Model Pembelajaran Pair Check.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021