PROGRES PENDIDIKAN
Vol. 1 No. 3 (2020): September 2020

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR KONSEPTUAL MAHASISWA SEMESTER I FKIP UNRAM

Heri Hadi Saputra (PGSD FKIP Universitas Mataram)
Lalu Hamdian Affandi (PGSD FKIP UNRAM)
Husniati (PGSD FKIP UNRAM)
Muhammad Makki (PGSD FKIP UNRAM)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2020

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakan ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar konseptual mahasiswa semester 1 FKIP unram TA. 2017-2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Nonequivalent control group. Adapun cara pengumpulan datanya adalah dengan menggunakan metode tes dan observasi. tes yang digunakan adalah tes pilihan ganda yaitu pada tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test). Berdasarkan tes awal (pre-test) diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 24,74 dan kelas kontrol sebesar 24,53. Setelah diberi perlakuan, yatu tes akhir (post-test) diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 56,58 dan kelas kontrol sebesar 44,23. Teknik analisis data menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil perhitungan thitung sebesar 1,99 sedangkan ttabel sebesar 1,87, karena sehingga diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar konseptual mahasiswa semester 1 FKIP Unram TA. 2017-2018. Kata Kunci: inkuiri terbimbing, hasil belajar konseptual. ABSTRACT: This study aims to determine whether there is an influence of guided inquiry learning models on the conceptual learning outcomes of semester 1 students of FKIP Unram TA. 2017-2018. This research is an experimental research design with Nonequivalent control group. The way to collect data is to use the test and observation methods. The test used is a multiple choice test that is the initial test (pre-test) and the final test (post-test). Based on the initial test (pre-test), the average value of the experimental class was 24.74 and the control class was 24.53. After being treated, the final test (post-test) obtained an average value of the experimental class of 56.58 and the control class of 44.23. Data analysis techniques used t-test at a significance level of 5%. Based on the calculation of tcount of 1.99 while ttable of 1.87, because t_ (count)> t_table so that H_ (0) is rejected and 〖H〗 _a is accepted. So it can be concluded that there is a significant influence of guided inquiry learning models on the conceptual learning outcomes of semester 1 students of FKIP Unram TA. 2017-2018.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

PROSPEK

Publisher

Subject

Education Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

PROGRES PENDIDIKAN merupakan jurnal yang mempublikasikan artikel-artikel hasil penelitian dan kajian studi literatur dalam bidang pendidikan dasar. Bidang pendidikan dasar ini mencakup, model pembelajaran, evaluasi pembelajaran, strategi pembelajaran, media pembelajaran dan lima mata pelajaran utama ...