PROGRES PENDIDIKAN
Vol. 1 No. 3 (2020): September 2020

Apakah Tingkat Kebahagiaan Bisa Menjelaskan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar?

Lalu Hamdian Affandi (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Mataram)
Heri Hadi Saputra (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Mataram)
Husniati Husniati (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji kebahagiaan sebagai variable penjelas hasil belajar. Responden dalam penelitian ini adalah 222 orang siswa kelas 4-6 sekolah dasar di Kota Mataram. Data diperoleh dengan angket dan dokumentasi. Angket dalam penelitian ini dikembangkan dari Multidimensional Student’s Life Satisfaction Scale (MSLSS) Huebner. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang hasil belajar siswa. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan teknik Korelasi Pearson Product Moment. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kebahagiaan siswa tidak bisa dijadikan sebagai variable penjelas hasil belajar. Temuan penelitian ini berbeda dengan kesimpulan penelitian sebelumnya yang menjadikan tingkat kebahagiaan sebagai predictor hasil belajar siswa. Selanjutnya, penelitian ini menyarankan agar dilakukan penelitian yang lebih sistematis dan ketat dengan melibatkan siswa dengan karakteristik yang lebih beragam.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

PROSPEK

Publisher

Subject

Education Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

PROGRES PENDIDIKAN merupakan jurnal yang mempublikasikan artikel-artikel hasil penelitian dan kajian studi literatur dalam bidang pendidikan dasar. Bidang pendidikan dasar ini mencakup, model pembelajaran, evaluasi pembelajaran, strategi pembelajaran, media pembelajaran dan lima mata pelajaran utama ...