PROGRES PENDIDIKAN
Vol. 1 No. 3 (2020): September 2020

TEMA CIDOMO SEBAGAI ALTERNATIF PENGEMBANGAN RAGAM HIAS LOMBOK (KE ARAH PENYEMPURNAAN BUKU AJAR SENI RUPA KE-PGSD-AN)

Nurul Kemala Dewi (Prodi PGSD, FKIP, UNRAM)
Ida Bagus Kade Gunayasa (Prodi PGSD, FKIP, UNRAM)
Muhammad Tahir (Prodi PGSD, FKIP, UNRAM)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkreasikan tema cidomo sebagai alternatif pengembangan ragam hias Lombok (ke arah penyempurnaan penyusunan buku ajar Seni Rupa ke-PGSD-an). Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya, proses penciptaan mengikuti landasan penciptaan menurut Konsorsium Seni yaitu 5 (lima) tahapan penciptaan sebagai berikut: (1) persiapan, (2) elaborasi, (3) sintesis, (4) realisasi konsep dan (5) penyelesaian atau evaluasi. Diperoleh empat karya yaitu bentuk cidomo dipadukan dengan motif: (1) geometris, (2) tumbuh-tumbuhan, (3) binatang, dan (4) manusia/wayang. Keempat ragam hias ini akan digunakan untuk menyempurnakan buku ajar Seni Rupa untuk PGSD.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

PROSPEK

Publisher

Subject

Education Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

PROGRES PENDIDIKAN merupakan jurnal yang mempublikasikan artikel-artikel hasil penelitian dan kajian studi literatur dalam bidang pendidikan dasar. Bidang pendidikan dasar ini mencakup, model pembelajaran, evaluasi pembelajaran, strategi pembelajaran, media pembelajaran dan lima mata pelajaran utama ...