Jurnal Smart PAUD
Vol 4, No 1 (2021): Edisi Januari 2021

Implikasi Model Belajar Terhadap Brain Development (Neurosains)

Alparisi, Salman (Unknown)
Bagaskara, Roy (Unknown)
Azhari, Supian (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan capaian tentang korelasi aktivitas pembelajaran dalam hal ini model-model pembelajaran yang berkaitan dengan neurosains. Neurosains sendiri merupakan ilmu tentang sistem saraf yang mengendalikan seluruh aktifitas tubuh manusia. Penelitian ini dilakukan di Sanggar Anak Alam Kasihan Bantul yang lebih spesifik meneliti Taman Kanak-Kanak atau setara dengan PAUD. Hal ini merupakan fase golden of age dalam fase perkembangan. Metode penelitian berupa penelitian kualitatif yang terdiri dari wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sanggar anak alam merupakan praktik pendidikan yang memiliki sisi unik dan berbeda dibandingkan dengan sekolah pada umumnya. Hal yang paling unik ditemukan bahwa anak-anak diajarkan untuk melakukan riset sederhana didalam lingkungan sekolah maupun diluar lingkungan sekolah. Model pembelajaran yang digunakan lebih kepada student center bahwa siswa itu sendiri yang menentukan pembelajarannya. Pelajaran apa yang mereka sukai untuk terus dikembangkan

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

smartpaud

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Smart PAUD contains research articles in the field of early childhood education with focus and coverage including curriculum, early childhood development, education management, teaching materials, learning Media, learning assessments, strategies/models/methods/approaches/learning techniques, ...