Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 1 No. 3 (2020): Volume 1 Nomor 3 Tahun 2020

PENGEMBANGAN PROMOSI WISATA MELALUI COPYWRITING DI MEDIA SOSIAL OLEH KARANG TARUNA DESA WARNASARI KECAMATAN PANGALENGAN KABUPATEN BANDUNG

Winne Wardiani (Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pasundan)
Trias Pyrenia Iskandar (Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pasundan)
Rini Anisyahrini (Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pasundan)
Yanti Susila Tresnawati (Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pasundan)



Article Info

Publish Date
21 Sep 2020

Abstract

Karang Taruna merupakan organisasi kepemudaan di Indonesia, yang merupakan wadah bagi para generasi muda yang berada di wilayah Desa maupun Kelurahan, sebagai wadah pembinaan dan pengembangan kepemudaan. Berdasarkan gambaran dari potensi yang ada di Kecamatan Pangalengan, maka diharapkan Karang Taruna dapat menjadi katalisator untuk mempromosikan potensi alam dan potensi wisata yang ada di Kecamatan Pangalengan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, membuka lapangan pekerjaan, peningkatan devisa dan pembangunan ekonomi daerah untuk ikut meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional khususnya di era 4.0. Berdasarkan uraian yang telah diuraikan pada analisis situasi, maka ada beberapa rumusan permasalahan mitra yang dapat di identifikasi, diantaranya: (1) Mitra belum memanfaatkan teknologi sosial media instagram sebagai media promosi pariwisata Desa Warnasari, (2) Mitra belum mengetahui teknik copywriting sebagai alat promosi wisata di Era 4.0. Solusi yang diharapakan diantaranya: (1) Pengarahan dan pelatihan kepada mitra dalam penggunaan teknologi sosial media instagram untuk mempromosikan potensi wisata di Kecamatan Pangalengan, (2) Bimbingan Teknis (Bimteks) dan pendampingan membuat copywriting di sosial media instagram. Berdasarkan solusi dan target luaran dari rencana pelaksanaan program pada mitra Karang Taruna, maka Tim menetapkan metode pendekatan: (1) Metode Pengarahan dan Pelatihan, (2) Metode Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Pendampingan. Kesimpulan dari program ini: (1) Mitra dapat memanfaatkan teknologi media sosial, dengan menggunakan fitur-fitur yang ada di instagram, (2) Mitra dapat membuat konten yang menarik di media sosial intagram untuk promosi wisata.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

cdj

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Public Health

Description

ommunity Development Journal : Jurnal Pengabdian masyarakat di terbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Pahlawan yang berisikan tentang hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya Kesehatan, ...