Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 6 No. 2 (2020): Volume 6, Nomor 2, Desember 2020

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MODEL CONCEPT SENTENCE DI KELAS TINGGI

Salim Wahid, Abdul (Unknown)
Rizqia Amalia, Arsyi (Unknown)
Azwar Uswatun, Din (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan dan peningkatan keterampilan menulis puisi melalui model Concept Sentence. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi terhadap tindakan serta refleksi tindakan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4B SDN Cibeureum Hilir 5 Kota Sukabumi sebanyak 28 siswa, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 17 siswi perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 15 Oktober s/d 22 Oktober 2019. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan pedoman wawancara, lembar observasi guru dan siswa, soal tes keterampilan menulis puisi. Teknik analisis data dilakukan secara teknik kuantitatif deskriptif. Hasil observasi kinerja guru pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 71 dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 95 serta dari siklus I menuju siklus II mengalami peningkatan sebanyak 24 poin. Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 72 dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 86 serta dari siklus I menuju siklus II mengalami peningkatan sebanyak 14 poin. Hasil penelitian pra siklus menulis deskripsi memperoleh ketuntasan 22%. Kemudian meningkat pada siklus I mencapai ketuntasan 50%. Pada siklus II terus meningkat mencapai ketuntasan 86%. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan menulis puisi siswa kelas 4B meningkat melalui penerapan model Concept Sentence

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...