Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kogitif siswa melalui model Think Pair Share. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Kalilumpang dengan populasi 21 siswa. Sampel yang digunakan adalah sampel bertujuan sebanyak 10 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan pedoman observasi. Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa melalui model Think Pair Share dapat dilakukan dengan langkah-langkah : a. Think (berfikir secara individual), b. Pair (berpasangan dengan teman sebangku), dan c. Share (berbagi jawaban dengan pasangan lain atau seluruh kelas). Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil pengolahan data yang menunjukkan hasil belajar kognitif siswa pada siklus I memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 30% dengan rata-rata sebesar 57,5, siklus II menjadi 50% dengan rata-rata sebesar 65, dan siklus III meningkat menjadi 90% dengan rata-rata 78,5.
Copyrights © 2021