ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik Guru IPS SMP Negeri 7 Kendari dalam proses perencanaan pembelajaran. 2) Untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik Guru IPS SMP Negeri 7 Kendari dalam proses pelaksaan pembelajaran 3) Untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik Guru IPS SMP Negeri 7 Kendari dalam penilaian dan evaluasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. merupakan penelitian terhadap fenomena atau pupulasi tertentu yang diperoleh peneliti dari subjek yang berupa indiviu, Organisasional atau perspektif lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru IPS diantaranya (1) Perencaan Pembelajaran guru IPS telah menyiapkan Perangkat pembelajaran seperti RPP dan silabus yang dikembangkan dari Kurikulum yang berlaku sehingga mampu melaksanakan kegiatan pemelajaran yang mendidik bagi peserta didik. (2). Pelaksanaan pembelajaran IPS terdiri dari: a). Kegiatan pendahuluan terdiri dari 1) menyiapkan siswa secara psikis dan fisik siswa untuk mengikuti proses pembelajaran, 2) berdoa sebelum pembelajaran dimulai, 3) Guru mengabsen siswa, 4) guru mengajukan pertanyaan mengenai materi yang telah dipelajari sebelumnya. b). Kegiatan inti pembelajaran terdiri dari 1) Menguasai teori-teori pembelajaran yang mendidik, 2) Memfasilitasi potensi yang dimiliki oleh pesera didik, 3) Berkomunikasi secara efektif, empati dan santun dengan peserta didik. Hal ini bertujuan agar dalam pelaksaan pembelajaran dapat tercipta suasana belajar yang kondusif, menyenangkan dan aktif, hal ini dapat dilihat dari penggunaan metode diskusi dan scientific. c). Kegiatan penutup terdiri dari 1) Guru bersama siswa membuat rangkuman terkait materi yang telah dipelajari, 2) Guru melakukan refleksi terkait dengan materi yang telah dipelajari, 3) Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan salam. (3) Kompetensi pedagogik Guru IPS SMP Negeri 7 Kendari dalam proses penilaian dan evaluasi, memanfaatkan penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran, yaitu pemantauan nilai KKM dan pelaksanaan remedial jika terdapat nilai siswa yang berada di bawah standar KKM, serta pelaporan rekap nilai kepada kepala sekolah.  Kata Kunci: Kompetensi, Pedagogik, Guru IPS ABSTRACT: This study aims to: 1) To describe the pedagogical competence of Social Sciences Teachers at SMP Negeri 7 Kendari in the learning planning process. 2) To describe the pedagogical competence of Social Studies Teachers of SMP Negeri 7 Kendari in the process of implementing learning 3) To describe the pedagogical competencies of Social Sciences Teachers of SMP Negeri 7 Kendari in assessment and evaluation. This type of research used in this study is a qualitative research with a descriptive approach. is a study of certain phenomena or manipulations that researchers obtain from subjects in the form of individuals, organizations or other perspectives. The results showed that social studies teacher pedagogical competencies include (1) Social Studies Learning Planning has prepared learning tools such as lesson plans and syllabi developed from the applicable curriculum so that they are able to carry out learning activities that educate students. (2). The implementation of social studies learning consists of: a). Preliminary activities consist of 1) preparing students psychologically and physically students to follow the learning process, 2) praying before learning begins, 3) The teacher is absent students, 4) the teacher asks questions about the material that has been studied previously. b). The core activities of learning consist of 1) Mastering the theories of learning that educate, 2) Facilitating the potential possessed by students, 3) Communicating effectively, empathy and courtesy with students. It is intended that the implementation of learning can create a conducive learning atmosphere, fun and active, this can be seen from the use of discussion and scientific methods. c). The closing activity consisted of 1) The teacher and students made a summary of the material they had learned, 2) The teacher reflected on the material that had been learned, 3) The teacher closed the lesson by saying greetings. (3) Pedagogical competence of Social Studies Teachers of SMP Negeri 7 Kendari in the process of assessment and evaluation, utilizing assessment and evaluation for learning purposes, namely monitoring KKM scores and remedial implementation if there are student grades below the KKM standard, as well as reporting recap grades to school principals. Keywords: Competence, Pedagogic, Social Sciences Teacher
Copyrights © 2020