Jurnal Riset Pendidikan Fisika
Vol 5, No 2 (2020): November

Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terintegrasi STEM terhadap Kemampuan Kreativitas Siswa

Nurul Mutowiah (Universitas Negeri Malang)
Edi Supriana (Universitas Negeri Malang)
Sutopo Sutopo (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kreativitas siswa SMA di kota Malang. Penelitian ini berupa deskriptif kuantitatif pada kelas kontrol dan eksperimen dengan jumlah sampel 65 siswa. Penggunaan instrumen berupa soal pilihan ganda dan uraian sebanyak 14 soal. Siswa pada kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 8,5 sedangkan kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 5,8. Pembelajaran inkuiri terintegrasi STEM melatih siswa untuk merespon masalah berdasarkan informasi yang ada dengan berbagai jawaban alternatif. Pembelajaran inkuiri terintegrasi STEM berpengaruh terhadap kreativitas siswa karena dapat mendorong siswa berlatih dalam situasi dunia nyata dan meningkatkan kemampuan kreativitasnya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jrpf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

The scope of this journal covers all areas included in physics and science education including (but not limited to): Innovative Pedagogical Approaches in Physics Education Physics Education in Industrial Revolution 4.0 Physics Learning Media Lesson Study Physics Teacher Professionality Development ...