Jurnal Riset Pendidikan Fisika
Vol 5, No 1 (2020): Mei

Pembelajaran Interactive Demonstration dengan Diagram Gaya melalui Real dan Virtual Lab untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dinamika Rotasi

Diana Eka Saputri (Universitas Negeri Malang)
Agus Suyudi (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dinamika rotasi melalui interactive demonstration diagram gaya melalui real dan virtual lab dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa dan kesulitan apa sajakah yang masih dialami siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran. Penelitian menggunakan mix method embedded experimental model. Subjek penelitian 29 siswa kelas XI SMAN 1 Karangrejo 2019/2020. Hasil penelitian menunjukkan pemahaman konsep siswa meningkat setelah pembelajaran. Kesulitan yang masih dialami siswa diantaranya (1) menentukan torka bila diagram gaya belum ditampilkan, (2) mengidentifikasi besaran yang memengaruhi momen inersia benda tegar, (3) menetukan pengaruh resultan torka terhadap perecapatan sudut, dan (4)  mengidentifikasi benda setimbang pada konteks selain jungkat-jungkit.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jrpf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

The scope of this journal covers all areas included in physics and science education including (but not limited to): Innovative Pedagogical Approaches in Physics Education Physics Education in Industrial Revolution 4.0 Physics Learning Media Lesson Study Physics Teacher Professionality Development ...