IQ (Ilmu Al-qur'an): Jurnal Pendidikan Islam
Vol. 3 No. 02 (2020): IQ (Ilmu Al-qur'an): Jurnal Pendidikan Islam

Implementasi Metode Keteladanan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Akhlak pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam: Studi Kasus Di Smp Islam An-Nasiriin Jakarta Barat

Sholichah, Aas Siti (Unknown)
Alwi, Wildan (Unknown)
Fajri, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode keteladanan dalam meningkatkan mutu pendidikan akhlak pada mata pelajaran PAI di SMP Islam an-Nasirin Jakarta Barat. Adapun metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi lapangan. Tehnik penelitian yang dilakukan adalah dengan menggunakan triangulasi data yaitu menggabungkan observasi, wawancara dan dokumentasi. Implementasi metode keteladanan dalam meningkatkan mutu pendidikan akhlak pada mata pelajaran PAI di SMP Islam An-Nasiriin, yaitu melalui nilai-nilai akhlak yang telah disampaikan dengan istilah Asasul Adab. Istilah asasul adab adalah adab-atau etika dalam kegiatan sehari-hari di sekolah, seperti berkata jujur, sopan, menghormati guru dan teman, cara makan, berjalan dengan baik.Penyebutan istilah tersebut dimaksudkan untuk mengingatkan kepada peserta didik pada nilai-nilai akhlak yang telah diajarkan dapat tertanam dan dilaksanakan. Untuk menguatkan nilai-nilai asasul adab ini guru melaksanakan metode keteladanan dengan menjadikan kedisiplinan, kepribadian, dan komunikasi sebagai indikator pelaksanaan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

iq

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

IQ Jurnal Pendidikan Islam is a scientific journal contains papers drawn from study of critical analysis in the field of Islamic education. This journal contains original works from lecturers, researchers, students, and other concerned parties who have not been published or are not on the ...