Dinamika Pendidikan
Vol 10, No 2 (2020): Mei - Agustus 2020

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP PENGUASAAN KONSEP TRIGONOMETRI

-, Suryadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2020

Abstract

Dalam belajar matematika, kemampuan dasar yang harus dimiliki peserta didik dalam belajar matematika adalah kemampuan pemahaman konsep matematis.  Trigonometri merupakan salah satu materi matematika di mana siswa mengalami kesulitan dan menganggap trigonometri lebih abstrak dibandingkan materi lainnya. Harapan dari pemilihan model pembelajaran dan media pembelajaran yang tepat agar siswa mampu untuk memahami materi yang disampaikan oleh guru dan menghasilkan hasil belajar yang bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dalam pembelajaran matematika Trigonometri. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Sampel dari penelitian ini adalah SMA Negeri di Kabupaten Majalengka dengan 30 siswa di kelas control dan 30 siswa di kelas pembanding. Berdasarkan data dan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa tingkat perolehan hasil belajar siswa dalam hal penguasaan konsep, yang mendapat pengajaran trigonometri dengan model kooperatif tipe Think Pair Share tergolong tinggi. Serta, model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share secara signifikan dapat lebih meningkatkan penguasaan konsep trigonometri dibanding model pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

dinamika

Publisher

Subject

Education

Description

The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the ...