Dinamika Pendidikan
Vol 10, No 2 (2020): Mei - Agustus 2020

OPTIMALISASI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN “PBL” PADA MATERI AJAR TEKS EKSPLANASI BAHASA INDONESIA

Agustin, Maria Ulfa (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2020

Abstract

Rata-rata nilai siswa pada kompetensi dasar pengetahuan dan keterampilan materi teks eksplanasi di SMK Negeri 7 Jakarta belum mencapai KKM yang ditetapkan sekolah, yakni 76. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam memahami teks eksplanasi masih kurang sehingga diperlukan upaya untuk memahamkan siswa terkait materi tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui  peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia materi teks eksplanasi yang dicapai siswa kelas XI.TR.1/Semester Genap tahun pelajaran 2017/2018 melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Metode yang digunakan  adalah metode deskriptif analisis hasil  Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dengan satu prasiklus dan dua siklus dengan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif, yakni hipotesis dan rumusan perhitungan data berupa nilai siswa. Data tersebut diolah dan dihitung presentasenya. Hasil penelitian tersebut menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam mempelajari Bahasa Indonesia materi teks eksplanasi. Hal ini dibuktikan dengan data peningkatan ketuntasan dari 45% pada tahap prasiklus menjadi 83% pada siklus I dengan nilai rata-rata 79. Keberhasilan belajar meningkat lagi pada siklus II menjadi 100% dengan nilai rata-rata 83. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning terbukti dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia materi teks eksplanasi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

dinamika

Publisher

Subject

Education

Description

The journal is a scientific publication of research articles from the educational sphere, where every issue has a theme as the focus of the ...