KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia
Vol 1 No 1 (2018): KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia

Pengaruh Software Visualisasi Terhadap Hasil dan Minat Belajar Siswa pada Meteri Bentuk-Bentuk Molekul di SMA Negeri 4 Langsa

hasby, Hasby (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh software visualisasi terhadap hasil dan minat belajar siswa pada materi bentuk-bentuk molekul di SMA Negeri 4 Langsa dengan menggunakan Software Avogadro. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode pretest-posttest design. Instrument dalam penelitian ini terdiri dari atas 20 soal pilihan berganda yang digunakan untuk mengukur tingkat pengetahuan siswa. Selain itu diberikan juga angket untuk melihat bagaimana respon siswa terhadap media visualisasi yang diberikan. Subjek yang digunakan dalam penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 1 yang terdiri dari 15 siswa. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan rata-rata N-Gain sebesar 0,5 yang dikategorikan “sedang” dengan rata-rata nilai pretest sebesar 39,3 dan rata-rata nilai posttest sebesar 68,0. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan media visualisasi mempunyai dampak yang baik terhadap hasil belajar siswa. Selain itu diperoleh pula persentase dari respon siswa sebesar 79,6% yang dikategorikan “positif”. Berdasarkan persentase respon siswa tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media visualisasi menggunakan software Avogadro untuk menggambarkan bentuk molekul secara 3 Dimensi (3D) terbukti dapat menarik minat belajar dan pemahaman siswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

katalis

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal Katalis, merupakan jurnal ilmiah yang dalam bidang penelitian kimia dan pendidikan kimia yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samudra. Jurnal Katalis terbit secara berkala dua kali setiap tahunnya yaitu edisi Januari-Juni dan ...