KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia
Vol 2 No 1 (2019): KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia

Penerapan Strategi Question Student Have Berbantuan Media Kartu untuk Meningkatkan Minat Belajar Kimia Siswa

Sumarsih, Eni (Unknown)
Jofrishal, Jofrishal (Unknown)
Nurhafidhah, Nurhafidhah (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar setelah diterapkannya strategi question student have berbantuan media kartu. Metode dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 5 Langsa tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 110 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling sehingga didapatkan kelas XI IPA 3. Data dianalisis menggunakan Uji t Paired T-Test. Berdasarkan dari data yang dikumpulkan oleh peneliti diperoleh bahwa terdapat peningkatan minat belajar kimia siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan (Ksp) setelah menggunakan penerapan strategi question student have berbantuan media kartu. Hal ini ditandai dengan menggunakan uji statistik parametrik yaitu thitung ≥ ttabel (8,50 ≥ 1,67) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan minat belajar kimia siswa pada penerapan strategi question student have berbantuan media kartu secara signifikan. Harapan peneliti untuk peneliti selanjutnya bisa mengembangkan penelitian ini menjadi lebih baik dan juga mereka bisa mendukung hasil penelitian ini.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

katalis

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal Katalis, merupakan jurnal ilmiah yang dalam bidang penelitian kimia dan pendidikan kimia yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samudra. Jurnal Katalis terbit secara berkala dua kali setiap tahunnya yaitu edisi Januari-Juni dan ...