KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia
Vol 1 No 2 (2018): KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia

Pengaruh Penggunaan Media Ular Tangga pada Materi Hidrokarbon Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 4 Langsa

Hasby, Hasby (Unknown)
Nurhafidhah, Nurhafidhah (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media ular tangga terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMAN 4 Langsa pada materi hidrokarbon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode pre eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Sampel yang diambil adalah siswa kelas XI MIPA 1 yang berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, yakni soal pretest dan soal posttest. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji T berpasangan dan N-Gain. Dari hasil uji T berpasangan dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan media ular tangga terhadap peningkatan hasil belajar siswa SMAN 4 Langsa. Berdasarkan hasil yang diperoleh thitung > ttabel yakni 8,367> 1,76 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Pada analisis N-Gain diperoleh rerata peningkatan hasil belajar adalah 0,6 yakni termasuk kategori sedang.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

katalis

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal Katalis, merupakan jurnal ilmiah yang dalam bidang penelitian kimia dan pendidikan kimia yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samudra. Jurnal Katalis terbit secara berkala dua kali setiap tahunnya yaitu edisi Januari-Juni dan ...