KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia
Vol 3 No 1 (2020): KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia

Pengaruh Penggunaan Aplikasi Chemdraw Sebagai Sumber Belajar Kimia Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Spektroskopi NMR

Krisna Utami (Mahasiswa)
Julina Wati (Unknown)
Sella Veronika (Unknown)
Retno Widi Astuti (Unknown)
Rahimuddin Rahimuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi ChemDraw sebagai sumber belajar kimia terhadap hasil belajar mahasiswa pada materi Spektroskopi NMR di Universitas Samudra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest. Sampel yang dipilih adalah mahasiswa pendidikan kimia semester 5 berjumlah 15 orang dengan perlakuan pembelajaran menggunakan aplikasi ChemDraw pada materi Spektroskopi NMR. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis, yakni berupa soal pretest dan posttest berbentuk essay. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji T berpasangan dan N-Gain. Dari hasil uji T berpasangan dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penggunaan aplikasi ChemDraw pada materi spektroskopi NMR terhadap hasil belajar mahasiswa semester 5 pendidikan kimia Universitas Samudra. Berdasarkan hasil yang diperoleh thitung > ttabel yakni 4,94 > 1,75 dengan nilai signifikan 0,00 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Pada analisis N-Gain diperoleh rerata peningkatan hasil belajar adalah 0,6 yakni termasuk kategori sedang.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

katalis

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal Katalis, merupakan jurnal ilmiah yang dalam bidang penelitian kimia dan pendidikan kimia yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samudra. Jurnal Katalis terbit secara berkala dua kali setiap tahunnya yaitu edisi Januari-Juni dan ...