Nobel Management Review
Vol 1 No 2 (2020): Nobel Management Review (NMaR)

PENGARUH FASILITAS, KUALITAS LAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT BPR SYARIAH NIAGA MADANI MAKASSAR

Anna Yumiko Makmur (STIE NOBEL INDONESIA)
Maryadi Maryadi (STIE NOBEL INDONESIA)
MUKHTAR HAMZAH (STIE NOBEL INDONESIA)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : 1) ApakahFasiltas, Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk berpengaruh secara parsial terhadap Kepuasan Nasabah pada PT BPR Syariah Niaga Madani Makassar. 2) Apakah Fasilitas, Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk berpengaruh secara simultan terhadap Kepuasan Nasabah pada PT BPR Syariah Niaga Madani Makassar. 3) Variabel manakah yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah pada PT BPR Syariah Niaga Madani Makassar ?Penelitian ini dilaksanakan Pada PT BPR Syariah Niaga Madani Makassar.Jumlah Populasi sebanyak 1.518 nasabah. Penentuan sampel dengan menggunakan Rumus Slovin yaitu sebanyak 94 nasabah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Fasilitas (X1) sebesar 0,154, Kualitas Pelayanan (X2) sebesar 0,557, dan Kualitas Produk (X3) sebesar 0,223 berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan nasabah pada PT BPR Syariah Niaga Madani Makassar, artinya Fasilitas, Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk dapat meningkatkan dan memberikan kepuasan terhadap nasabah pada PT BPR Syariah Niaga Madani. 2) Fasilitas (X1) sebesar 0,154, Kualitas Pelayanan (X2) sebesar 0,557, dan Kualitas Produk(X3) sebesar 0,223 berpengaruh secara simultan sebesar 63.3% terhadap kepuasan nasabah pada PT BPR Syariah Niaga Madani. Artinya Fasilitas, KualitasPelayanan dan Kualitas Produk dapat meningkatkan dan memberikan kepuasan terhadap nasabah pada PT BPR Syariah Niaga Madani. 3) Kualitas Pelayanan merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah pada PT BPR Syariah Niaga Madani. This research aims to analyze (1) the effect of facilities, service quality, and product quality partially toward the customer satisfaction at PT BPR Syariah Niaga Madani Makassar (2) the effect of facilities, service quality, and product quality simultaneously toward the customer satisfaction at PT BPR Syariah. Niaga Madani Makassar (3) the most dominant variable affecting customer satisfaction at PT BPR Syariah Niaga Madani Makassar.This research was conducted at PT BPR Syariah Niaga Madani Makassar. The type in this research is a Field Research with quantitative methods. The population was 1,518 customers and determine the sample using the Slovin formula as many as 94 customers. The analysis method used was a descriptive statistical analysis and multiple linear regression analysis with the support of SPSS version 25 software.Based on the research results, (1) facility (X1) 0.154, service quality (X2) 0.557, and product quality (X3) 0.223 partially affect the customer satisfaction at PT BPR Syariah Niaga Madani Makassar. This means that these three variables can increase and provide satisfaction to customers at PT BPR Syariah Niaga Madani (2) facilities (X1) 0.154, service quality (X2) 0.557, and product quality (X3) 0.223 have a simultaneous effect of 63.3 % of customer satisfaction at PT BPR Syariah Niaga Madani. This means that facilities, service quality, and product quality can improve and provide satisfaction to customers at PT BPR Syariah Niaga Madani (3) service quality is the most dominant variable affecting customer satisfaction at PT BPR Syariah Niaga Madani.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

NMaR

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Nobel Management Review (NMaR), adalah jurnal peer-review yang diterbitkan empat kali setahun (Januari-Maret, April-Juni, Juli-September, Oktober-Desember) diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Publikasi Nobel Indonesia (LP2NI) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nobel Indonesia Makassar. NMaR ...