Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan
Vol 13 No 1 (2021): Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan

Eksistensi Media Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia

Ahdar Ahdar (Institut Agama Islam Negeri Parepare)
Isna Humaerah (Institut Agama Islam Negeri Kendari)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2021

Abstract

Seiring akselerasi ilmu pengetahuan dan teknologi, meretas dampak semakin kompleksnya proses belajar sebab tantangan tersebut muncul dari luar berupa terjadinya asimilasi dan akulturasi lewat paket-paket informasi dan komunikasi yang dihasilkan teknologi. Sedangkan dari dalam, terjadinya transformasi sikap dan tingkah laku bagi anak didik. Kamudian tantangan global adalah adanya tuntutan untuk mandiri agar dapat tetap eksis di era konpetitif. Fenomena kontemporer mendeskripsikan persaingan hidup yang konpetitif. Dalam hal ini, yang dapat menjadi maju ialah ialah orang-orang yang memiliki sumber daya manusia yang handal. Tuntutan dan desakan umat manusia agar dapat mandiri dan tidak tergantung kepada lembaga-lembaga yang dapat merekrut nantinya setelah terjun ke dunia kerja. Sebab mengingat lapangan kerja semakin sempit dan semakin membludaknya pengangguran. Oleh karena itu, dalam menjawab persoalan ini lembaga pendidikanlah yang berkompeten dalam membina manusia memiliki sumber daya akseptabel dan marketabel. Pendidikan merupakan suatu usaha membina manusia agar memiliki inteligensi yang tinggi, bermoral dan berskill. Dalam dunia pendidikan memiliki beberapa elemen penting, salah satu di antaranya adalah media. Media merupakan alat komunikasi dan informasi yang dapat mengakses ilmu pengetahuan kepada anak didik. Berhasil tidaknya proses belajar dalam dunia pendidikan sangat dipengaruhi oleh peran media. Namun, peran media juga dipengaruhi oleh kualitas dan profesional dalam memerankannya

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Al-Riwayah

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Other

Description

Al Riwayah: Journal of Education focuses on educational sciences with qualitative and quantitative approaches. This journal aims to accommodate research from students, lecturers, practitioners and professionals in the field of scientific ...