Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
Vol 5, No 4 (2020): Volume 5 Nomor 4, November 2020

Penguasaan Konsep Siswa dalam Argument Driven Inquiry Berbasis Fenomena Disertai Penilaian Formatif

Jamiatul Mufidah (Pendidikan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Malang)
Parno Parno (Universitas Negeri Malang)
Markus Diantoro (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan penguasaan konsep siswa dalam pembelajaran argument driven inquiry berbasis fenomena disertai penilaian formatif. Desain penelitian embedded experimental model dengan metode mixed methode. penelitian X IPA-1 di SMAN 1 Pademawu. Instrumen penelitian berupa 13 soal pilihan ganda beralasan. Data kuantitatif penelitian dianalisis dengan menggunakan t-paired test, N-gain, dan effect size. Data kualitatif berupa alasan dan hasil wawancara siswa. Hasil penilitian menunjukkan bahwa nilai effect size 2.88 (kuat) dan N-gain 0.33 (rendah). Siswa masih kesulitan dalam Hukum Newton pada soal C3, C4, dan C5 dimana banyak siswa menjawab benar namun tidak dapat memberikan alasan dengan benar.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

BRILIANT

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Education

Description

BRILIANT : Jurnal Riset dan Konseptual published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Published four times a year in print and online. Journals are published every three months, in February, May, August and November. The article topics contained in this journal are the results of research and ...