Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah
Vol. 5 No. 2 (2020): Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah

Optimalisasi Peran Guru PAI Ideal dalam Pembelajaran Fiqh di Masa Pandemi Covid-19

Firman Mansir (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia)
Halim Purnomo (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2020

Abstract

Penulisan ini bertujuan menganalisis peran dan strategi guru dalam pembelajaran fiqh pada masa pandemi saat ini. Produktifitas pembelajaran guru PAI biasa dipengaruhi pada efektivitas penggunaan strategi belajar. Pada pembelajaran fiqh memiliki corak tersendiri, sehingga guru PAI harus benar-benar dapat menentukan model dan strategi yang tepat dan efektif. Selain itu, pola efektivitas belajar yang diterapkan saat ini belum sepenuhnya efektif, bisa disebabkan kurangnya kreativitas atau strategi yang mempuni untuk diterapkan saat pembelajaran. Saat pandemi saat ini, banyak sistem pembelajaran yang dilakukan secara virtual atau online, yang memiliki berdampak positif untuk berlangsungnya pembelajaran, namun di lain sisi juga memiliki dampak negatif, disebabkan karena beberapa faktor yang menghambat proses pembelajaran secara virtual tersebut. Maka, penulisan ini bermaksud untuk mengetahui bentuk optimalisasi guru PAI yang ideal dalam penerapan pembelajaran fiqh khususnya di masa pandemi saat ini dengan aktualisasi pembelajaran secara produktif dan efektif.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

althariqah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Thariqah Journal Manager invites lecturers, researchers and students to submit best manuscript of his research to be published in Al-Thariqah: Journal of Islamic Education, Faculty of Islamic Religious, Islamic University of Riau. Manuscripts submitted within the scope of the sciences of Islamic ...