Indonesian Journal of Intellectual Publication (IJI Publication)
Vol. 1 No. 3 (2021): Juli, 2021, IJI Publication

Menganalisis Perkembangan Media Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Berbasis Game

Hasanah, Uswatun (Unknown)
Safitri, Islamiani (Unknown)
Rukiah, Rukiah (Unknown)
Nasution, Marwah (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2021

Abstract

Pengembangan Media Games dalam Pembelajaran sangat pesat bagi setiap tenaga pendidik untuk mengikuti kemajuan teknologi berbasis game terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil perkembangan media game di era 4.0 Media pembelajaran yang baik ialah media pembelajaran yang mampu memberikan rangsangan kepada siswa sehingga dapat membangkitkan minat belajar siswa. Metode penelitian yang dipilih dalam penelitian ini ialah metode SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasi dan mereview semua artikel terkait pendidikan matematika dalam kurun waktu 2012 – 2020. Artikel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 30 artikel jurnal nasional dan internasional terakreditasi yang diperoleh dari Google Schoolar, Research Gate, SINTA, DOAJ, dan Scopus. Media pembelajaran game merupakan suatu alternatif yang dapat mengatasi permasalahan siswa dalam menghadapi pelajaran matematika. Dengan media pembelajaran game, siswa dapat mengubah pola pikir dan kreativitas belajar menjadi lebih menyenangkan. Dengan adanya pembelajaran media berbasis game siswa dapat meningkatkan inovatif, kreatif, sehingga mencapai hasil belajar siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ijipublication

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Social Sciences

Description

IJI Publication is a scientific journal published by Unit Publikasi Ilmiah Perkumpulan Intelektual Madani Indonesia with the following focus: Social and Political Sciences with a scope includes: Culture & Social Anthropology, Political Science, Cultural & Media Studies, Gender Studies, Population, ...