Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui peran guru dalam membina moral siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Siotapina, (2) Untuk mengetahui hambatan bagi guru dalam membina moral siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Siotapina. Jenis penelitian deskriptif kualitatif yaitu suatu penelitian dengan memberikan gambaran, data, dan informasi tentang peran guru dalam membina moral siswa dan hambatan dalam membina moral siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Siotapina. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Peran guru dalam membina moral siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Siotapina, yaitu peran guru sebagai pembimbing, peran guru sebagai model, peran guru sebagai motivator, dan peran guru sebagai komunikator. (2) Hambatan bagi guru dalam membina moral siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Siotapina, yaitu Kurangnya partisipasi guru dalam memberikan pembinaan moral kepada siswa, Kebiasaan-kebiasaan yang tradisional oleh para guru sulit sekali untuk dibuang atau dihilangkan, dan Tidak ada keikut sertaan para guru dalam usah-usaha memberikan penanaman moral siswa.
Copyrights © 2021