Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha
Vol 10, No 2 (2020)

INTEGRASI KETERAMPILAN 4C DALAM MODUL TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN FISIKA

Sanjayanti, Ni Putu Ayu Hervina (Unknown)
Pramadi, Putu Wina Yasa (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2021

Abstract

Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  untuk mengembangkan  modul teori belajar dan pembelajaran fisika yang  terintegrasi  pada  keterampilan abad  ke-21  yang  berfokus  pada  keterampilan   4C.  Kemudian  mengetahui kelayakan  modul  sebagai  bahan  ajar  untuk  mahasiswa  di  Prodi  Pendidikan Fisika Undiksha.  Metode  penelitian  ini adalah Research and Development  (R&D).   Penelitian   ini   dilakukan   kepada mahasiswa semester dua tahun akademik 2019/2020 Prodi  Pendidikan Fisika Undiksha.Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner dan lembar observasi. Teknik analisis data penelitian  ini menggunakan  teknik  analisis data kuantitatif dan teknik analisis data   kualitatif.   Hasil   penelitian   memperlihatkan   rekapitulasi   aspek-aspek penilaian dari berbagai valiadasi ahli, dosen Metodologi penelitian,lembar kuesioner mahasiswa,   dan   lembang   observasi.   Berikut   merupakan   persentasenya: kelayakan modul yang meliputi hasil validasi ahli materi sebesar 61.3% (kategori baik);  hasil  validasi  ahli  media  sebesar  75.8%  (kategori  baik  sekali);  hasil evaluasi diri modul oleh dosen sebesar 90% (kategori baik sekali); hasil lembar observasi  uji  coba lapangan  sebesar  78.9%  (kategori  baik  sekali);  dan  hasil lembar kuesioner mahasiswa sebesar 76.3% (kategori baik sekali). Maka modul teori belajar dan pembelajaran fisika yang  terintegrasi  keterampilan  4C  ini  layak  digunakan  dalam proses perkuliahan. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JJPF

Publisher

Subject

Education Electrical & Electronics Engineering Engineering Materials Science & Nanotechnology Physics Other

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching of physic education ...