P2M STKIP Siliwangi
Vol 7 No 2 (2020): Volume 7 Nomor 2, November 2020

PENERAPAN METODE JIGSAW BERBASIS ICT PADA PEMBELAJARAN BERBICARA DEBAT MELALUI LESSON STUDY

Yani, Aurelia Sakti (Unknown)
Ahmadi, Yusep (Unknown)
Fauziya, Diena San (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini masih banyak siswa yang belum menguasai berbicara terutama dalam berbicara debat. Berdasarkan hasil observasi yang di lakukan guru-guru di SMK, semester satu yang sedang belajar materi debat. Metode belajar yang dilakukan adalah jigsaw berbasis ICT karena dalam penggunaan metode jigsaw lebih efektif dan menurut siswa sangat menyenangkan dalam langkah-langkah pembelajaran metode jigsaw berbasis ICT di sini . Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan metode jigsaw berbasis ICT melalui lesson study dapat membuat siswa lebih aktif dan inovatif dalam belajar khususnya dalam materi debat. Peningkatan hasil belajar bisa terlihat dari rekap persentase, pada siklus 1 siswa yang mampu berbicara dengan baik dan terampil sebesar 80%, siklus 2  93%, dan siklus 3 sebesar 95%. Selain itu, empat kemampuan siswa dalam pengamatan program ini, juga mengalami peningkatan.

Copyrights © 2020