Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol 11, No 1 (2021): Edisi Januari-Juni 2021

SARANA DAN PRASARANA SEBAGAI PENUNJANG KEGIATAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Linda Fitria (UNP Padang)
Neviyarni S (Dosen UNP Padang)
Yarmis Syukur (Dosen UNP Padang)
Riska Ahmad (Dosen UNP Padang)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2021

Abstract

Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sarana dan prasarana sebagai penunjang kegiatan bimbingan dan konseling di sekolah menengah kejuruan. Keberhasilan pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di sekolah salah satunya apabila ditunjang dengan fasilitas sarana dan prasarana yang memadai. Penelitian ini merupakan penelitian survei. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket semi terbuka. Subjek penelitiannya adalah dua sekolah menengah kejuruan negeri yang ada di kota Padang. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kedua sekolah telah miliki ruang kerja bimbingan dan konseling, (2) memiliki ruang administrasi/ruang data, (3) memiliki ruang konseling individu yang memadai, (4) memiliki ruang bimbingan dan konseling kelompok yang bagus, (5) satu sekolah memiliki area tampilan kepustakaan yang memadai, dan satu sekolah lagi belum memiliki area tampilan kepustakaan. Guru bimbingan dan konseling diharapkan dapat memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada untuk mewujudkan tujuan bimbingan dan konseling secara optimal. Keywords: Sarana dan prasarana, kegiatan bimbingan dan konseling.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

al-irsyad

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Al-Irsyad: The Counseling and Education Journal is scientific journal in education and counseling guidance that managed by The Bimbingan Konseling Islam Majors of Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Faculty of UIN Sumatera Utara Medan. Al-Irsyad presents topics about development of counseling guidance ...