Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol 10, No 2 (2020): Edisi Juli-Desember 2020

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-book di Masa Pandemi Covid-19

Purbatua Manurung (Dosen Tetap Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Sumatera Utara Jl. Williem Iskandar Psr. V Percut Sei Tuan – Medan)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2020

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan media pembelajaran pada mata pelajaran Agama Islam bagi siswa di masa pandemic Covid-19. Jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Langkahlangkah penelitian dan pengembangan berpedoman pada model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tahap development melibatkan enam validator dan empat praktisi untuk menilai kelayakan materi dan media. Tahap implementation melibatkan 80 peserta didik (30 peserta didik di SMP Negeri 1 Sunggal. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket atau kuesioner. Data yang diperoleh dioleh dengan analisi data deskriptif kuantitatif. Hasil validasi dari ahli materi dan ahli media yang dilakukan dalam 2 tahap diperoleh kriteria sangat layak dengan persentase 85,56% dan ahli media sebesar 85,56%. Perolehan hasil praktisi materi sebesar 90,00% dan praktisi media 86,67%. Untuk respon peserta didik terhadap media pembelajaran memperoleh hasil skor yaitu sebesar 85,00%. Kata Kunci: media pembelajaran, e-book, Covid-19

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

al-irsyad

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Al-Irsyad: The Counseling and Education Journal is scientific journal in education and counseling guidance that managed by The Bimbingan Konseling Islam Majors of Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Faculty of UIN Sumatera Utara Medan. Al-Irsyad presents topics about development of counseling guidance ...